Minggu, 09 Desember 2012

MEMPERBAIKI FOTO YANG TERKENA DISTORSI LENSA

Apabila kita mengambil gambar dengan menggunakan lensa wide, maka seringnya kita akan mendapatkan hasil foto yang mengalami DISTORSI untuk di bagian tepi. Distorsi ini kadang membuat foto tampak lebih menarik, tapi tak jarang juga justru mengganggu penampakan foto tersebut.

Berikut ini akan saya ulas bagaimana caranya memperbaiki distorsi yang mengganggu sebuah foto dengan menggunakan software andalan. Apalagi kalau bukan Adobe Photoshop.

1. Buka file foto yang terkena distorsi. Sebagai contoh, saya memakai file foto saya dari hasil jeprat-jepret di masjid kubah emas. Anda bisa lihat sendiri, untuk bisa mendapatkan foto masjid lengkap dengan menaranya, jika kita ambil angel foto dari bawah (frog eye), serta untuk mendapatkan komposisi diagonal sebagaimana yang saya inginkan, mau nggak mau menara tersebut pasti akan tampak miring.


2. Pilih menu Filter > Distort > Lens Correction



3. Setelah jendela Lens Correction terbuka, Anda lihat di bagian bawah image, pastikan Preview, Show Grid beserta ukuran grid-nya telah terisi untuk mengaktifkan grid



4. Sebelumnya, pastikan foto Anda tersebut sudah lurus. Maksud saya, saya yakin bahwa Anda sudah memiliki acuan, entah itu pada bidang horizontal atau vertikal untuk memastikan foto Anda sudah lurus.

Jika belum, Anda bisa menggunakan tools di pojok kiri atas sebagaimana contohdisana terdapat menu untuk meluruskan foto luruskan image terlebih dahulu dengan cara klik ikon kemudian cari garis horizontal/vertikal pada foto. Dalam hal ini saya menggunakan garis vertikal pada tiang rambu-rambu jalan sebagai acuan.

5. Langkah selanjutnya adalah menyesuaikan koreksi vertikal maupun horizontal dengan menggunakan slider yang telah disediakan di samping kanan preview image.




6. Kemudian, Anda juga bisa mengatur besaran distorsi lensa dengan menggunakan menggerakkan slider ke kanan (positif) atau ke kiri (negatif) untuk menyekungkan / menyembungkan foto.



7. Kira-kira setelah Anda melewati beberapa langkah diatas, Anda akan bisa mendapatkan hasil seperti dibawah ini.




8. Untuk sentuhan akhir, Anda bisa melakukan cropping sesuai dengan selera Anda sebagaimana yang telah saya lakukan di bawah ini.




Selesai...!!! Anda bisa membandingkan hasilnya...

Selamat mencoba. Ditunggu kritik dan sarannya. (we-ha)

0 komentar:

Posting Komentar