Rabu, 12 Desember 2012

CONFIDENCE... WHY NOT...?!?!

Images by imdb.com
Beastly (2011)
BEBERAPA hari lalu (07/12/12), saya baru saja nonton film BEASTLY, film tahun 2011 yang diputar lagi di HBO. Film tersebut mengisahkan tentang seorang remaja pria bernama Kyle Kingsbury (Alex Pettyfer). Sejak kecil Kyle selalu dimanja dengan harta dan karena itu pula ia tumbuh menjadi remaja yang tak punya rasa tanggung jawab dan suka mempermainkan orang lain. Suatu ketika, Kyle menyakiti perasaan seorang gadis bernama Kendra Hilferty (Mary-Kate Olsen and Ashley Olsen). Celakanya Kendra ternyata adalah seorang penyihir. Kendra mengutuk Kyle dan seketika pula wajah tampan Kyle berubah menjadi buruk.

Ayah Kyle malu dan mengusir Kyle dari rumah. Kyle hanya ditemani oleh Will Fratalli (Neil Patrick Harris) yang ditugaskan ayah Kyle untuk menjaga putranya yang kini buruk rupa ini. Kyle hanya bisa kembali ke wujudnya semula jika ada seorang gadis yang mau mencintai Kyle setulus hati meski pria ini bermuka buruk. Dan gadis yang ditakdirkan melepaskan Kyle dari kutukan adalah Lindy Owens (Vanessa Hudgens).
Sebenarnya ada satu hal yang menarik dalam penggalan film tersebut yang seringkali saya jumpai di dunia nyata. 
Orang yang MERASA dirinya buruk rupa, akan cenderung menarik diri dari dunia luar karena KRISIS PERCAYA DIRI AKUT yang mereka alami.
Ngomong-ngomong tentang PERCAYA DIRI, banyak sekali teori yang berkembang tentang penyebab hilangnya percaya diri. Penyebab yang paling kuat, biasanya justru dari diri sendiri, mulai dari bentuk fisik, cacat fisik, warna kulit, dan sebagainya. Hanya saja, saya masih sering menemui beberapa FAKTA unik, bahwa ada PRIA yang cakep, ganteng, tajir, keren, fashionable, stylish, tapi tetap saja MERASA tidak percaya diri dengan keadaan dirinya. Bahkan ada pula WANITA yang cantik, seksi, 


Images by butchbellah.com

Mungkin saya sedikit lebih beruntung, karena dengan kondisi saya yang kata teman saya "Begitu Elegan" dengan kondisi fisik yang "Limited Edition" ini tetap bisa enjoy dan percaya diri dalam bergaul, bersosialisasi dan bermasyarakat. Lantas apa rahasianya...???

Ya, rata-rata itu lah yang sering ditanyakan kepada saya. Apa rahasianya...?
Sebenarnya tidak ada rahasia khusus. Untuk membangun rasa percaya diri, sebenarnya kita cukup mensyukuri apa yang sudah diberikan Tuhan kepada diri kita, bentuk tubuh kita, warna kulit kita, kondisi keluarga kita... Semua sudah diatur sedemikian rupa, karena memang itu lah yang TERBAIK bagi kita...

Tuhan itu Maha Mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Karena itulah, apa yang ada pada diri kita saat ini adalah KOMPOSISI dan RACIKAN terbaik dari Sang Maha Pencipta. Let's say, saya ambil kasus dari diri saya sendiri saja. Dengan kondisi fisik saya yang seperti ini saja, saya tetap bisa enjoy dan percaya diri dalam bersosialisasi. Dapatkah Anda bayangkan, jika saya terlahir sempurna, dengan wajah yang jauh lebih cakep dari yang sekarang ini, dengan badan yang jauh lebih atletis, dengan popularitas yang tinggi bak selebriti...? Bisa jadi saya akan menjadi orang yang SOMBONG...!!!


Kemudian, Anda pun pasti akan bertanya... "Bagaimana prosesnya hingga Anda bisa percaya diri seperti sekarang ini...? Anda pastinya pernah minder dong... Nggak mungkin Anda bisa se-PEDE ini dari kecil tanpa berproses sedikit pun...?!?"

Anda  benar, semua pasti ada prosesnya.
Hal itu akan saya uraikan lebih detail pada tulisan saya berikutnya. Pada kesempatan ini, saya hanya ingin mengajak Anda untuk mensyukuri kondisi Anda, keadaan Anda, memohon ampun kepada Tuhan dan memaafkan kesalahan-kesalahan diri Anda sendiri, jika selama ini Anda masih banyak mengeluh dan tidak bisa mensyukuri semua nikmat berupa keluarga yang sayang pada Anda, kesehatan yang telah diberikan kepada Anda, serta keceriaan-keceriaan yang pernah Anda dapatkan. Intinya, bersyukurlah karena Anda masih diberi kehidupan... Terimalah diri Anda dengan segala KELEBIHAN dan KECUKUPAN yang diberikan kepada Anda, lalu ijinkan diri Anda untuk enjoy dan percaya diri ditengah khalayak ramai.

Salam hangat untuk orang-orang terdekat Anda yang senantiasa ada dan MENDUKUNG kemajuan Anda. (we-ha)

2 komentar:

  1. Hajar terus, bro...!!!
    This life will never end till you raise your white flag.

    BalasHapus