Rabu, 20 April 2011

Bertahan

Foto ini saya ambil di sekitaran kampus UGM pada tahun 2010. Kalau ada yang belum tahu, kampusnya UGM tuh di Yogyakarta.  Eh, di Malang juga ada, ding. UGM = Universitas Gajayana Malang (hehehe… kriuk…kriuk…)

TETAP BERTAHAN DI ERA MODERNITAS, itulah sentilan yang saya dapatkan sesaat setelah mendapatkan foto ini.  Ya, benar-benar mencerminkan ciri khas Kota Yogyakarta yang tetap mempertahankan nilai tradisi budaya Jawa di tengah gencarnya penetrasi budaya-budaya modern ke negeri kita.

Bukan hanya itu, foto ini mengingatkan pula pada bapak saya, ketika masih setia dengan motor YAMAHA L2Super  yang dia bawa kemana-mana. Meski saya yakin, kalau untuk beli sepeda motor baru saja bapak pasti bisa, tapi barangkali apa yang dipikirkan oleh pemilik mobil itu sama dengan apa yang bapak saya pikirkan.
“Jika kelak kamu menjadi seorang pengusaha, kamu harus benar-benar bisa memilih dan memilah antara KEINGINAN dan KEBUTUHAN.”

Pemilik mobil sedan itu pasti punya KEINGINAN untuk memliki mobil seperti yang di parkir di sampingnya. Hanya saja kearifan telah membuatnya memutuskan kalau KEBUTUHAN akan mobil baru bisa ditunda, karena mobil yang sudah ada masih bisa difungsikan.  Ya…ya…ya… Dengan demikian, duit yang harusnya dipakai buat beli mobil, kan masih bisa diputer buat yang lain tho… Dan bukan tidak mungkin kalau duit itu bisa menjadi duit yang lebih banyak, sehingga bisa beli mobil yang jauh lebih bagus lagi. Iya kan…!?!?!
Ya… semoga celotehan saya ini bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar